Tips Parenting Efektif Kembangkan Kreativitas Anak

Para orang tua menganggap kalau kreativitas merupakan hal yang dibawa sejak lahir. Padahal kreativitas merupakan sesuatu yang harus diasah sejak dini. Sama halnya dengan bakat, anak harus berlatih dan terus berproses untuk mendapatkannya secara utuh. Anda bisa menerapkan tips parenting khusus untuk kembangkan kreativitas anak. Berikut tips yang bisa Anda coba.

  1. Biarkan Anak Berekspresi

Kebebasan juga tetap harus diberikan kepada anak. Namun, bukan berarti melepaskan semua hal yang dilakukan oleh anak. Anda bisa membebaskan anak untuk berekspresi. Biarkan anak Anda mengeksplor imajinasinya. Jangan terlalu mengatur hal positif yang ingin mereka lakukan. Jika Anda terlalu memaksa, memerintah, atau mengekang kehendak, anak bisa berontak.

Ide-ide yang disampaikan anak seharusnya dibantu untuk mewujudkan bahkan mengembangkannya. Anda bisa membantu dalam mengeksplorasi semua aktivitas anak dengan mendukungnya baik secara materi atau emosi.

  1. Menyediakan Peralatan untuk Anak

Anda bisa menyediakan peralatan untuk mendukung kreativitas anak. Misalnya anak suka menggambar, maka benda yang harus Anda siapkan yaitu buku gambar, warna, hingga jenis peralatan lainnya. Jika anak suka melukis, maka siapkan kanvas, cat, hingga ruangan yang bisa digunakannya untuk merealisasikan ide-ide mereka.

  1. Jadikan Rumah sebagai Dapur Kreativitas

Jika Anda memiliki keterbatasan waktu dan materi, mengeksplorasi ide di dalam rumah bukan berarti menjadi kendala. Rumah juga bisa dijadikan gudang kreativitas bagi anak. Hal ini bergantung bagaimana Anda merancangnya. Setiap akhir pekan Anda bisa melakukan hal-hal menarik bersama anak, misalnya memasak, menanam, menggambar, maupun menulis.

  1. Dorong Anak Berlatih Membaca

Tips parenting untuk mengasah kreativitas yang bisa dieksplor yaitu membaca. Anda bisa mendorong anak agar mampu mengurangi menonton TV, dan menggantinya dengan aktivitas kreatif menarik lainnya. Anda bisa juga merencanakan pergi ke pasar dan memasak hidangan favorit bersama si kecil.

  1. Berikan Kesempatan Anak Berpendapat

Selain mendukung secara materi, Anda juga bisa memberikan kesempatan anak untuk mengekspresikan ide dengan emosi. Salah satunya dengan memberikan kesempatan anak untuk bisa berpendapat. Anda harus bisa menerima pendapat anak dengan terbuka dan memberikan saran terbaik yang bisa diterima anak. Misalnya dengan memecahkan masalah yang dialami.

  1. Menyumbang Ide untuk Anak

Selain hal di atas, Anda juga bisa memberikan saran atau menyumbang ide-ide agar anak bisa meluaskan imajinasinya. Jika mereka ingin melakukan suatu hal, dukung saja dan berikan sumbang ide yang bisa membuat kegiatannya lebih bermanfaat. Hal ini juga berkaitan dengan pelajaran hidup yang akan mereka pelajari.

Orang tua bisa mengarahkan kreativitas anak dengan berbagai tips parenting di atas. Anda bisa memahami emosi dan kemauan anak sehingga imajinasi anak terus terasah dengan berbagai aktivitas yang kreatif. Tentu saja hal ini tidak mudah, namun jika dilakukan dengan cermat dan bijak akan membuat Anda memiliki anak yang cerdas sekaligus kreatif.